in

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbati. Anda sedang mengalami hidung tersumbat? Hidung tersumbat merupakan salah satu gangguan pada pernafasan yang bisa diakibatkan oleh alergi terhadap makanan atau benda tertentu. Hidung tersumbat juga bisa diakibatkan oleh flu atau infeksi sinus.

Nah, jika kita mengalami hidung tersumbat tentu kita akan sulit untuk bernafas, tidak bisa mencium bau-bauan, bahkan berbicara juga bosa jadi terganggu. Sebelum kita bahas mengenai Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat ada baiknya kalau kita ketahui apa saja penyebab hidung tersumbat. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab hidung tersumbat, seperti Alergi, Polip, Iritasi hidung, Sinusitis, Sakit Kepala cluster, Tumor, Debu, Asap rokok, Benda asing.

Baca juga : Cara Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Jangan Membuang Ingus Kuat-kuat

Tips pertama untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan tidak membuang ingus dengan kuat, kenapa? Karena dengan membuat ingus kuat-kuat dapat mengakibatkan penyumbatan hidung semakin parah. Cara yang tepat adalah buang ingus secara lembut dari 1 lubang ke lubang lain secara bergantian sehingga tidak membahayakan lapisan hidung.

2. Air Panas

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat kedua adalah dengan menggunakan air panas, bukan untuk diminum melainkan untuk anda hirup udaranya.

3. Kompres Hangat

Cara yang tidak kalah ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mengompres hidung dengan air hangat.

4. Menghirup inhaler atau minyak angin

Beli minyak angin, kemudian anda hirup maka secara perlahan hidung tersumbat akan kembali normal lagi. Selain dengan minyak angin juga dapat diatasi dengan menghirup inhaler. Ke-2 bahan tersebut mengandung menthol dan kamper yang dapat membantu melancarkan hidung tersumbat.

5. Konsumsi Makanan Pedas

Ternyata dengan mengkonsumsi makanan pedas dapat mengatasi hidung tersumbat, benarkah? Rasa pedas pada makanan dapat merangsang lendir menjadi encer dan mudah dikeluarkan.

6. Tidur Dengan 2 Bantal

Selanjutnya, anda juga bisa mengatasi hidung tersumbat dengan menyediakan 2 bantal untuk mendapatkan posisi tidur setengah menuduk. Cara ini berguna untuk membantu pernafasan tidak tersumbat karena dampak adanya daya gravitasi. Cara ini juga akan membantu mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung.

Baca juga : Gejala Penyakit Demam Berdarah dan Penyembuhan

7. Steaming

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan steaming juga akan memperlancar aliran pernafasan dan mengurangi peradangan di hidung. Caranya, sediakan handuk kecil untuk rambut dan air baskom yang hangat. Cuci handuk dalam air panas lalu kurungi kepala dengan handuk tersebut. Diusahakan air jangan terlalu panas karena dapat merusak kesehatan rambut.

8. Minuman jeruk hangat

Cara ampuh mengatasi hidung tersumbat lainnya dengan minuman air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini sangat baik untuk kesehatan terutama dalam menjaga kekebalan tubuh. Minuman air jeruk nipis akan lebih berkhasiat apabila ditambahkan dengan madu.

9. Teh herbal

Teh herbal merupakan obat alami paling aman untuk berbagai pengobatan penyakit, termasuk mengatasi hidung tersumbat. Uap yang dilepaskan tanaman herbal akan membantu menenangkan iritasi di saluran hidung. Teh herbal juga dapat membantu mengencerkan lendir serta memperbaiki drainase hidung.

Baca : Manfaat dan khasiat teh hijau bagi kesehatan

10. Minyak kayu putih

Caranya adalah tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke air mendidih dalam baskom dan hirup uap air tersebut selama 10 menit. Anda akan mendapatkan hidung tak tersumbat lagi dan kembali lega.

11. Sup ayam

Sup ayam merupakan obat hidung tersumbat paling ampuh. Mengonsumsi semangkuk supa ayam hangat merupakan cara terbaik membuka hidung Anda yang tersumbat. Ini berisi sistein, yang meredakan sumbatan pada hidung dan merilis lendir yang pada akhirnya membuka penyumbatan di hidung.

12. Berkumur Air Garam

Masukkan garam secukupnya ke dalam air hangat, kemudian aduk hingga larut. Gunakanlah larutan tersebut untuk berkumur-kumur. Ini salah satu cara terbaik untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung Anda.

13. Bawang

Bawang dan cabe merupakan obat hidung tersumbat yang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Cuci satu atau dua bawang dan iris lalu menciumnya. Ini akan dapat melegakan hidung Anda yang tersumbat.

14. Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Jalan-Jalan

Kondisi hidung tersumbat di malam hari memang sangat mengganggu, oleh karena itu jika Anda tidak merasa lelah dan lemah, maka luangkan untuk berjalan-jalan keluar dan refreshing sejenak. Gerakan yang sederhana seperti berjalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi pernafasan dan bekerja sebagai dekongestan alami.

Baca juga : Obat Tradisional Penurun Panas dan Demam

Demikian beberapa Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 Jenis Penyakit Jantung Bawaan

Ketahui 4 Jenis Penyakit Jantung Bawaan

Tanda dan Gejala Penyakit Bronkitis

Tanda dan Gejala Penyakit Bronkitis